Thursday, October 26, 2017

Pengertian Adsense Joint Venture beserta Ketentuan Gajinya (Bagi Hasil)

Tutoria lMaster
Assalamu’alaikum fansvalak, pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang JV atau Joint Venture (bukan JAV lho ya..) Seiring berkembangnya jaman, JV ini digunakan oleh publisher Adsense (pemilik akun Adsense) yang memberikan kesempatan kepada para blogger (pemilik blog) yang blognya belum disetujui oleh Google Adsense.

PENGERTIAN 📢
Joint Venture adalah kerjasama beberapa pihak untuk menyelenggarakan usaha bersama dalam jangka waktu tertentu. Biasanya kerjasama berakhir setelah tujuan atau pekerjaan selesai / tercapai.

Jika dikaitkan dengan Google Adsense, maka istilah JV ini digunakan untuk bekerja sama menaruh iklan. Orang yang mengajak JV ini “biasanya” memiliki tujuan untuk mendapatkan penghasilan tambahan melalui blog orang lain dengan pembagian hasil yang sama untungnya.

KRITERIA BLOG 📁
Dalam melakukan kerjasama pemasangan iklan tentu saja ada hal - hal yang perlu diperhatikan, salah satunya adalah kriteria blog.


Sebagai pemilik adsense, sebaiknya jangan sembarangan menaruh iklan pada blog orang lain. Blog yang akan diajak JV sebaiknya dilihat terlebih dahulu apakah sesuai ketentuan Google atau tidak, dilihat dulu bagaimana dengan konten – kontennya, bagaimana dengan trafiknya, berapa sering dia update, bagaimana kualitas artikel dan blognya, cepat atau tidak loading blognya, responsif atau tidak, dan sebagainya.

Jika blog tersebut memiliki kriteria sesuai ketentuan Google, maka tidak ada salahnya jika bekerjasama dengan blog tersebut dalam meningkatkan penghasilan.

Lalu sebagai pemilik blog, sebaiknya menyesuaikan ketentuan dari Google dan persyaratan yang diberikan oleh pemilik adsense, supaya kerjasama bisa terjalin harmonis dan sama-sama untung.

PEMBAGIAN HASIL 💵
Dalam melakukan pembagian hasil biasanya 80% banding 20%, dimana 80% untuk pemasang iklan dan 20% untuk pemilik iklan. Sebagai gambarannya adalah sebagai berikut.
  • 😀 Si A = Publisher Adsense (orang yang memiliki akun Adsense)
  • 😍 Si B = Pemain blogger (pemilik blog yang blognya belum disetujui oleh pihak Adsense)
  • 😀 Si A : eh B, gue boleh gak pasang iklan adsense di blog mu? Hasilnya kita bagi. 80% buat elu dan 20% buat gue, gimana?
  • 😍 Si B : Oke deh, sini mana kode iklan lu?Penentuan perbandingan bagi hasilnya ini haruslah sesuai kesepatakan bersama, kadang kala ada yang melakukan pembagian hasil 70:30 atau 75:25 (yeah relatiflah). Yang jelas kedua belah pihak haruslah sama sama diuntungkan.

Selanjutnya berapa komisi yang akan didapat oleh pemilik adsense dan pemilik blog dalam sebulan? Komisi atau pendapatan bisa relatif tergantung dari seberapa besar pengunjung pada blog dan jumlah klik pada iklan. Hasil selama 1 bulan tidak bisa dipastikan (kadang banyak kadang sedikit), jadi semuanya kembali pada blog yang menampilkan iklan tersebut. Semakin banyak pengunjung dan klik maka semakin besar pula pendapatan kedua belah pihak.

Sebagai contohnya saya akan mengulas pembagian JV 80:20
Dalam 1 bulan anggap saja telah terkumpul penghasilan sebesar Rp. 2.000.000, maka bagi hasilnya adalah :
⏩ 80% atau Rp. 1.600.000 nya untuk pemilik blog
⏩ 20% atau Rp. 400.000 nya untuk pemilik adsense

Dari pembagian hasil tersebut apakah ada yang dirugikan? Tentu saja tidak, karena sebelumnya sudah disesuaikan dengan kesepakatan bersama, bagi pemilik adsense ini merupakan hal yang menguntungkan karena pemilik adsense tidak direpotkan dengan yang namanya urusan Blog (update artikel, trafik, template, dsb..) yang artinya tinggal leyeh-leyeh aja mendapatkan komisi, sedangkan untuk pemilik blog yang disibukkan dengan kegiatan ngeblog (update artikel, trafik, template, dsb..) memiliki komisi yang lebih besar dibanding dengan pemilik adsense, komisi yang diperoleh sebanding dengan kerja kerasnya dalam mengelola blog.
LAPORAN TIAP MINGGU 📊
Sebagai pemilik Adsense, sebaiknya selalu memberikan laporan / hasil pendapatan selama seminggu kepada partner kerjasamanya. Hal kecil semacam ini bisa meningkatkan kepercayaan karena adanya laporan pendapatan yang konsisten diberikan kepada sang partner. Jika pemilik adsense belum memberikan laporan pendapatan selama seminggu ini, maka tidak ada salahnya jika pemilik blog meminta laporan tersebut.

Dengan adanya laporan tersebut diharapkan pemilik blog bisa lebih giat dalam mengelola blognya, supaya pendapatan lebih banyak lagi, sedangkan sebagai pemilik adsense tinggal memantau perkembangan blog milik sang partner.

PEMBAYARAN 💰
Pihak Google Adsense ini biasanya membayar publishernya sekitar tanggal 22 atau 23 tiap bulannya. Sebagai pemilik adsense, anda sudah bisa membayar sang partner mulai tanggal 22 keatas, atau lebih enaknya jika bayaran untuk pemilik blog diterima setiap tanggal 27 (dikarenakan pemilik adsense biasanya memiliki beragam kegiatan di dunia nyata, jadi kadangkala pembayaran diundur). Jadi, buat kamu yang sebagai pemilik adsense jangan lupa gaji partner kamu lho ya... dan untuk pemilik blog jangan malu untuk menagihnya apabila si dia (pemilik adsense) belum bayar kamu.
INFO : Pembayaran kepada pemilik blog bisa dilakukan / disesuaikan dengan kesepakatan bersama, bisa pada saat tanggal 22 atau tanggal setelahnya. Pembayaran alangkah baiknya melalui rekening bank dan jangan lupa untuk menyimpan print-out / bukti pembayarannya.
Itulah ulasan mengenai “Pengertian Adsense Joint Venture beserta Ketentuan Gajinya (Bagi Hasil)”, apakah kalian ada tambahan mengenai hal ini? Atau ada poin yang saya lewatkan? Tulis saja melalui kolom komentar. Semoga dengan adanya artikel ini kalian memiliki gambaran mengenai JV atau Joint Venture dan berminat untuk mencobanya. Sekian terimakasih wassalamu’alaikum

2 komentar

keren blognya gan, agak bingung ketika masuk dengan HOME. nice share. blog ane belum keterima mulu dari adsense :). terus berjuang. semangat.

Iya gan sementara halaman home nya saya edit...
Tujuannua agar pengunjung lbh mudah menemukan artikel yang di cari...

Terimakasi telah mengunjungi blog ini , semoga informasi yang terdapat dalam blog ini bermafaat bagi anda jika informasi yang kalian baca di blog ini bermanfaat silahkan di Share dan beri komentar :)
Perhatian !!!

Berkomentarlah yang baik dan sopan !
jika mengirim link aktif komentar anda akan di anggap spam !
berkomentarlah sesuai topik !
EmoticonEmoticon