Wednesday, July 18, 2018

Pentingnya Komposisi TIM bagaikan Bhinneka Tunggal Ika dan Skil Combo nya Mematikan

www.Fansvalak.com

Komposisi Tim dan Teamwork

Hy sahabat Fansvalak kalian pasti tau Semua MOBA pastinya mengutamakan adanya kerja sama antar anggota tim. Setiap tim dapat terdiri dari Hero yang berbeda-beda dan dengan kemampuan yang berbeda-beda pula. Karena adanya perbedaan dan ketidaksempurnaan itulah yang membuat sebuah tim menjadi kuat. Komposisi Tim adalah susunan Hero yang digunakan setiap pemain untuk menciptakan sebuah hubungan dalam pertarungan.
Hubungan antar pemain merupakan sebuah Simbiosis Mutualisme, di mana kedua belah pihak saling bekerja dan saling berkontribusi, sehingga menghasilkan keuntungan bersama. Dalam hal ini, keuntungan tersebut adalah kemenangan dalam pertarungan.
Seorang Assassin atau Marksman tidak mungkin menang sendiri dalam sebuah ronde Mobile Legends. Tidak peduli seberapa besar Damage-nya, atau seberapa banyak Kill yang didapat.
Pada akhirnya, yang menentukan kemenangan adalah siapa yang berhasil menghancurkan base musuh. Seorang Gusion mungkin bisa mengalahkan 5 pemain dalam pertarungan, namun dia tidak bisa mendorong 3 lane sekaligus.
Dalam sebuah tim, harus ada beberapa pemain yang memenuhi peran yang berbeda-beda. Saat setiap pemain bisa memenuhi perannya masing-masing dengan handal, maka akan sangat sulit untuk mengalahkan mereka.
Tiga orang yang bisa bekerja sama dengan baik, akan mampu mengalahkan 5 orang yang asal pilih Hero dan bermain asal-asalan/berantakan.

Menjadi Penggerak dalam Tim

Apa yang membuat seorang pemain dianggap sebagai salah satu penggerak dan bukan sebagai beban?
  1. Partisipasi dalam pertarungan: pemain mungkin pernah menemukan orang-orang yang hanya muncul terakhir. Mereka mendapatkan Kill dan tidak melakukan kontribusi yang terlalu besar. Kelakuan ini biasa disebut "nyampah". Seorang pemain dikatakan "nyampah" apabila selama pertarungan, yang dia lakukan hanyalah bersembunyi dan melihat dari kejauhan/tempat yang aman. Saat ada kesempatan, pemain jenis ini akan langsung mengambil Kill. Dampak dari "nyampah" akan lebih terasa saat dilakukan oleh Support, Tank, atau Hero non-Carry lainnya. Kurangnya partisipasi dalam pertarungan akan memperlambat konflik dan merugikan teman yang lain.
  2. Komunikasikan keadaan lingkungan: seringkali pemain lupa saat di lane dia sedang kosong untuk mengkomunikasikan bahwa musuh sedang menghilang. Kemanakah lawan kalian? Sedang Recall? Atau sedang bersiap melakukan gank? Para pemain biasanya menganggap hilangnya musuh merupakan sebuah kesempatan. Komunikasikanlah bahwa musuh sedang menghilang, sehingga anggota tim lain harus lebih waspada.
  3. Tidak nafsu terhadap Kill/MVP: salah satu pemain yang paling buruk adalah mereka yang terlalu nafsu mendapatkan Kill yang banyak dan MVP. Nyatanya, mendapatkan 100 Kill pun tetap akan membuat pemain kehilangan bintang di Ranked saat base dihancurkan.
  4. Mengutamakan Objective: Dalam game ini, terdapat 2 tujuan utama yang dimiliki kedua tim. Yang pertama adalah lindungi base sendiri, dan yang kedua adalah hancurkan base lawan. Setiap pemain harus bisa memperhitungkan, kapan harus menyerang base lawan dan kapan melindungi base sendiri.
  5. Tetap sportif dan fokus dalam bermain: tidak ada yang lebih menjengkelkan ketika kita menemukan anggota tim yang sangat suka "ngebacot". Padahal KDA tidak seberapa, tapi sering menyalahkan anggota lain. Di saat pemain tipe ini berhasil mempengaruhi pemain lain dan terjadi adu bacot, tim akan mulai kacau dan tidak fokus. Kerja sama pun tidak mungkin dicapai karena 1 makhluk hina ini.

Gerigi Kecil dalam Mesin Besar

team-composition-roles
Selain dari yang di atas, tiap pemain harus mengerti Role masing-masing Hero yang dimainkan. Dalam permainan seperti ini, atau MOBA lainnya, banyak sekali perpaduan peran dan fungsi dari tiap Hero yang ada.
Beberapa Hero memiliki peran tetap dan mutlak, namun beberapa memiliki peran yang lebih fleksibel. Dalam artikel ini peran tiap Hero akan dibagi menjadi dua jenis, yaitu peran Primer dan Sekunder.

Primer

Peran ini merupakan Role yang tertulis di penjelasan setiap Hero. Dalam Mobile Legends, ada 6 Role Hero yang bisa pemain mainkan.

Assassin

Hero jenis ini biasanya memiliki damage yang tinggi dipadu dengan mobilitas yang tinggi juga. Assassin diimabngi dengan pertahanan yang rendah, sehingga cocok untuk dimainkan dengan strategi hit-and-run.
Biasanya mereka bertugas mengincar lawan dengan damage tinggi seperti Marksman, Mage atau Assassin lainnya. Meskipun sangat berbahaya dalam melakukan gank dan push lane, Assassin kurang bagus dalam pertarungan tim, karena pertahanan yang kecil

Tank

Tank adalah baris depan dari setiap komposisi tim. Seorang Tank akan mampu melindungi teman-temannya dari serangan lawan, dan tidak takut untuk mengorbankan nyawanya demi tim mendapatkan Kill yang banyak.
Pertahanan yang tinggi, diimbangi dengan kecilnya serangan yang bisa dikeluarkan, sehingga agak sulit untuk Tank melakukan push lane. Sebagai Tank harus memperhatikan build dari lawan, dan balas dengan membuat pertahanan yang sesuai saat melawan mereka.

Fighter

Fighter bisa bermain mengutamakan pertahanan, maupun serangan. Mereka bisa bertahan dalam pertarungan, sambil mengeluarkan damage yang besar. Namun, serangannya tidak sekuat Assassin, dan pertahanannya tidak sekuat Tank.
Fighter biasanya berada di baris depan bersama Tank saat pertarungan Tim, namun bisa berjalan dengan siapapun saat push lane. Mereka juga cocok sebagai Initiator untuk memulai pertarungan.

Mage

Hero jenis ini biasanya berperan sebagai pengacau dengan damage dan efek CC yang bisa dikeluarkan. Mage juga bisa berguna sebagai Initiator untuk memulai pertarungan dengan damage besar yang dimilikinya(tentunya dengan perlindungan dari anggota tim lain).
Kurangnya mobilitas yang dimiliki Mage pada umumnya menjadikan mereka sasaran empuk untuk Assassin atau Fighter.

Marksman

Para Marksman dapat memberikan damage yang besar dalam pertarungan. Meskipun damage yang dikeluarkan tidak sebesar Mage atau Assassin, mereka dapat terus mengeluarkan damage dengan konsisten.
Pada saat Assassin atau Mage harus mundur ke belakang beberapa saat untuk bisa menggunakan Skill lagi, Marksman lebih mengandalkan serangan biasa untuk menyerang lawan. Hero jenis ini juga salah satu yang paling sering mendapatkan banyak kill dalam pertarungan karena Damage yang konsisten.

Support

Support dirancang untuk melindungi teman-temannya dalam pertarungan. Mereka memiliki efek CC kepada musuh, dan juga biasanya bisa memberikan tambahan status kepada teman-teman.
Support sangat berguna dalam pertarungan tim, karena dapat menyerang lawan, sekaligus melindungi teman-temannya. Sama seperti Mage, mereka juga merupakan sasaran empuk untuk Assassin atau Marksman.

Sekunder

Role Sekunder ini merupakan Role tidak resmi yang ditentukan, tergantung dari Speciality dan Skill yang dimilikinya. Jenis Role ini tidak terbatas dan bisa saja saat muncul Hero dan Meta baru, muncul juga Role Sekunder yang baru.
Setiap Hero bisa memiliki lebih dari 1 Role Sekunder. Role Sekunder yang umum terdapat di MOBA antara lain:

Laner

Laner adalah Hero yang sangat bagus untuk menghancurkan Turret lawan dan mampu membersihkan minion dengan cepat. Mereka memiliki damage yang besar, dan biasanya memiliki pertahanan cukup tinggi serta mobilitas.

Jungler

Hero yang jarang terlihat di lane, tapi sering melakukan Farming. Jungler yang ahli bahkan mampu memakan habis monster di hutan musuh, sehingga menghilangkan Exp dan Gold yang bisa didapatkan oleh mereka.
Biasanya yang berperan sebagai Jungler adalah Hero late-game seperti Marksman atau Assassin.

Ganker

Ganker adalah seorang Jungler yang juga aktif mencari mangsa dan kesempatan untuk memakan mereka. Seorang Hero biasanya akan menjadi Ganker saat sudah memiliki Ultimate.

Roamer

Roamer adalah mereka yang rajin melihat map, dan sering berkeliling membantu untuk push lane. Saat  teman 1 lane mereka bisa mereka tinggal sendirian, Roamer akan berkeliling membantu Ganker, atau membersihkan minion. Tidak jarang Ganker dan Roamer dipegang oleh 1 orang

Carry

Carry memiliki Damage yang besar, dan merupakan kunci kemenangan bagi setiap tim. Mereka harus dilindungi dan diberi kesempatan untuk naik level dan membeli gear, sehingga mereka bisa menghabisi musuh dengan cepat.

Assist

Pemain tidak akan bisa memberikan Damage yang besar apabila musuh berhasil melarikan diri. Assist memiliki peran untuk membantu teman mendapatkan Kill dan mempersulit lawan untuk melawan balik.

CC

Crowd Control merupakan efek yang dapat mengganggu lawan, seperti Stun, atau Slow. Mage atau Support yang ada di dalam kategori ini akan sangat berbahaya bagi Marksman atau Fighter yang mengandalkan lifesteal untuk mempertahankan diri.

AoE

Hero yang tergolong dalam kategori Area of Effect dapat memberikan damage atau efek CC ke banyak musuh sekaligus. Damage yang dikeluarkan tidak terlalu besar, sehingga kurang baik dalam pertarungan 1 lawan 1, tapi sangat efektif dalam pertarungan tim.

"Super Entity"

Saat bermain menjadi 1 tim, setiap anggota tim memiliki persetujuan tidak tertulis bahwa selama jalannya permainan, kita semua adalah satu keluarga. Di saat salah satu anggota tidak berjalan sesuai aturan, maka keluarga tersebut akan menjadi "Broken Home".
Namun, bila setiap anggota tim menjalankan tugasnya masing-masing dan saling bekerja sama, maka akan tercipta suatu "Super Entity".

Apa itu Super Entity?

Dalam setiap tim ada 5 Hero. Setiap Hero memiliki 3 Skill + 1 Battle Spell + setidaknya 2 Skill dari item (Courage Bulwark,  Wind of Nature, Winter Truncheon, dll.). Artinya dalam 1 tim terdapat 30 Skill yang bisa digunakan.
Daripada sebuah tim bermain sebagai 5 orang yang terpecah dengan 6 Skill, kemungkinan menang akan lebih besar bila tim merupakan 1 Hero yang memiliki 30 Skill yang saling mendukung satu sama lain. Saat setiap anggota tim dapat mendukung satu sama lain sehingga menjadi satu kesatuan inilah yang disebut sebagai Super Entity.

Bagaimana Cara Menciptakan SE?

team-composition-hero-combo
Kiri: Alpha x Angela, Kanan: Johnson x Odette
1 kata untuk menjawab pertanyaan tersebut: Sinergi. Apa itu Sinergi? Sienrgi adalah saat 2 atau lebih Hero memiliki Skill yang saling mendukung 1 sama lain. Contohnya adalah Grock dengan Moskov. Skill 2 Moskov akan menyerang lawan dan membuat mereka mundur ke belakang.
Musuh akan menerima Damage lebih besar dan Stun lebih lama saat mengenai tembok. Grock bisa memanggil tembok untuk menutup jalur keluar lawan. Mereka berdua memiliki Sinergi sehingga dapat memaksimalkan Skill masing-masing dengan baik.

Contoh Sinergi

Beberapa contoh sinergi lainnya adalah:
  1. Angela dan Alpha: Angela melindungi Alpha dengan Ultimate, sehingga Alpha bisa menyerang banyak lawan dengan Skill 2 dan mendapatkan lifesteal yang besar.
  2. Jawhead dan Akai: Jawhead dapat melempar Akai, di mana Akai kemudian akan menggunakan Ultimate untuk mengarahkan musuh ke arah  yang dituju.
  3. Harley dan Lesley: Lesley bisa menggunakan Ultimate untuk menyerang musuh yang terkena efek Ultimate Harley, sehingga musuh akan menerima damage akhir lebih besar.
  4. Johnson dan Odette: Johnson dapat membawa Odette ke tengah gerombolan musuh dan menabrak mereka. Saat mereka terkena Stun, Odette menggunakan Ultimate untuk menghabisi lawan.
  5. Cyclops dan Lancelot: Ultimate Cyclops dapat menghentikan musuh yang sedang kabur, sehingga Lancelot dapat menggunakan Skill 2 dengan maksimal.
  6. Vexana dan Karina: Vexana dapat menggunakan Skill 1 untuk menghentikan lawan, dan Skill 2 untuk memberikan damage yang besar. Karina dapat menghabisi lawan dan mendapatkan Skill-nya kembali.
  7. Franco dan Gord: Gord dapat memberikan Stun kepada lawan, sehingga Franco dapat menariknya. Mereka berdua pun dapat menggunakan Ultimate untuk membunuh siapapun yang terkena kombo ini.
  8. Freya dan Gatotkaca: Freya dapat mengumpulkan lawan menjadi berdekatan, dan kemudian Gatot dapat memberikan mereka Stun.
  9. Lolita dan Valir: Lolita akan memperlambat musuh dan memberikan mereka Stun. Sementara itu, Ultimate Valir akan menyerang semua musuh yang ada di dalame area Ultimate-nya
  10. Zhask dan Estes: Estes dapat memberikan heal kepada Nightmaric Spawn Zhask, sehingga dapat bertahan lebih lama dalam pertarungan.
  11. Dan masih banyak lagi yang bisa pemain temukan.

Sinergi Negatif

Meski demikian, ada beberapa Hero yang bukan hanya tidak memiliki Sinergi, tapi mengganggu satu sama lain.
  1. Akai dan Natalia: Akai bisa menggunakan Ultimate-nya untuk mengeluarkan musuh dari kabut Natalia dan membuat Ultimate-nya miss
  2. Moskov dan Vexana: Vexana dapat mementalkan lawan keluar dari Skill 2 Vexana.
  3. Lesley dan Karina: Damage tinggi jarak jauh dari Lesley dapat membuat Karina tidak bisa mereset Cooldown Skill-nya.
  4. Yi Sun-Shin dan Alucard: YSS dapat tidak sengaja menggunakan Ultimate untuk mencuri buff yang sedang diambil Alucard.
  5. Ruby dan Chou: musuh yang sudah ditarik oleh Ruby bisa ditendang mundur oleh Chou.
Saat pemain memilih Hero, pemain harus memperhitungkan, apakah Hero yang akan kita pilih dapat mengganggu efektifitas pemain lain. Jika iya, segera komunikasikan agar kalian bisa saling toleransi dan bekerja sama dalam menyerang lawan.

Contoh Komposisi Tim

2 Tank, 1 MM, 1 Mage, 1 Assassin

2 orang Tank dapat melindungi teman-teman dengan lebih baik lagi. Komposisi tim ini membuat tim akan kuat dan sulit ditembus di lane manapun. Dalam pertarungan tim, kedua Tank bisa bergantian untuk menahan serangan yang diberikan oleh lawan.
1 orang MM dan 1 orang Assassin dapat saling berbagi EXP dan Gold agar mereka berdua dapat membangun build lebih cepat. Meskipun Mage di sini butuh waktu untuk bisa memberikan Damage sebesar MM atau Assassin, efek CC-nya sangat membantu dalam pertarungan tim

1 Tank, 1 MM, 2 Fighter, 1 Mage

2 Fighter menjadikan tim seperti memiliki 2 pedang. Serangan yang besar tentunya akan diimbangi dengan pertahanan yang tidak sekuat komposisi di atas. Meski demikian, musuh akan semakin kewalahan mengurus 3 musuh yang akan maju kedepan menghantam mereka.

1 Tank, 1 Fighter, 1 Support, 1 Mage, 1 Assassin.

Salah satu komposisi tim yang paling stabil. 1 Tank dan 1 Fighter dapat melindungi tim dan menahan serangan lawan. Support dapat membantu anggota tim lain, dan menjadikan Fighter lebih lama bertahan dalam pertarungan. Mage dan Assassin dapat memberikan damage yang besar, baik dari jauh maupun dekat. Namun, kurangnya MM membuat tim ini harus menyelesaikan pertarungan dengan cepat.

Ciptakan Simbiosis yang Harmonis

Salah satu kesalahan yang membedakan antara pemain Newbie dan pemain Pro adalah pemilihan Hero. Newbie akan memilih mana Hero yang dia suka. Seorang Pro akan memilih Hero berdasarkan apa yang tim butuhkan. Tim yang tidak memerhatikan anggota satu sama lain akan mengalami kesulitan dalam memenangkan pertarungan. Apalagi dalam mode Ranked, di mana diterapkan sistem Draft Pick, sehingga pemain harus lebih pintar memilih Hero untuk melawan musuh. Menang atau kalahnya sebuah tim dapat dilihat pertama kali dari komposisi tim-nya.

Terimakasi telah mengunjungi blog ini , semoga informasi yang terdapat dalam blog ini bermafaat bagi anda jika informasi yang kalian baca di blog ini bermanfaat silahkan di Share dan beri komentar :)
Perhatian !!!

Berkomentarlah yang baik dan sopan !
jika mengirim link aktif komentar anda akan di anggap spam !
berkomentarlah sesuai topik !
EmoticonEmoticon